Kesehatan

6 Hal yang Paling Sering Dikhawatirkan Ibu Hamil, Nomor 5 Bikin Takut!

Written by habib

Suara.com – 6 Hal yang Paling Sering Dikhawatirkan Ibu Hamil, Nomor 5 Bikin Takut!

Bersamaan dengan kebahagiaan, kehamilan juga membawa serta kekhawatiran yang tak terhitung jumlahnya.

Hal ini terutama dirasakan oleh perempuan yang mengalami kehamilan pertama kalinya.

Lantas, apa saja sih kekhawatiran umum yang biasa dirasakan ibu hamil? Dilansir Times of India, yuk cari tahu lebih lanjut agar bisa mengatasi ketakutan ini.

1. Aku takut mengalami keguguran

Keguguran adalah kekhawatiran paling umum yang diasakan sebagian besar ibuhamil. Tapi, perlu Anda ingat jika sebagian besar kehamilan menghasilkan bayi yang sehat dan hanya kurang dari 20 persen berakhir dengan keguguran.

Sebagian besar keguguran terjadi selama beberapa minggu pertama kehamilan ketika perempuan bahkan tidak menyadari bahwa mereka hamil. Setelah dokter melihat detak jantung bayi di dalam kandungan (6-8 minggu), risiko keguguran turun menjadi 5 persen.

Seringkali karena kelainan kromosom yang mencegah janin berkembang secara normal, menyebabkan keguguran dan keguguran sangat jarang terjadi hanya karena sesuatu yang Anda lakukan. Tetapi Anda dapat menurunkan risikonya dengan tidak merokok, minum minuman beralkohol dan mengurangi asupan kafein Anda.

2. Saya takut bayi saya tidak cukup makan karena saya mual dan muntah di pagi hari

Bayi sangat baik dalam menyerap nutrisi dari makanan yang dimakan ibu. Ini bukan masalah sampai Anda mengalami dehidrasi parah.

Morning sickness tidak akan menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi atau memengaruhi janin. Tetap mengonsumsi vitamin prenatal Anda dan makanlah dalam porsi kecil dan sering.

Ilustrasi ibu hamil khawatir. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu hamil khawatir. (Shutterstock)

3. Apakah makanan dan minuman yang saya makan bisa membahayakan bayi saya

Terlepas dari dasar-dasar seperti makan sehat dan mengonsumsi vitamin prenatal, ibu hamil akhir-akhir ini memang mengkhawatirkan segalanya.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Ibu yang Stres Bisa Tingkatkan Risiko Gangguan Kepribadian Anaknya

Dokter biasanya akan memberi tahu dengan sangat jelas apa yang perlu Anda konsumsi dan tidak pada pemeriksaan pertama Anda.

4. Saya merasa stres dan itu akan menyakiti bayi saya

Sebagian besar penelitian mengatakan bahwa stres intermiten (jenis yang digunakan tubuh Anda) memiliki dampak minimal pada tubuh Anda.

Meskipun stres terlalu banyak dapat menyebabkan kelahiran prematur dalam kasus-kasus tertentu.

Kekhawatiran ibu hamil. (Shutterstock)
Kekhawatiran ibu hamil. (Shutterstock)

5. Persalinan akan menyakitkan

Jika Anda terlalu khawatir tentang nyeri persalinan, Anda perlu duduk dan rileks. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan tentang rasa sakit.

Untuk bantuan, Anda dapat menghadiri kelas persiapan melahirkan dan membaca tentang teknik mengelola nyeri saat persalinan.

6. Bayi saya akan mengalami cacat lahir

Setiap kunjungan ke dokter kandungan membuat ibu hamil gugup. Risiko bayi mengalami cacat lahir hanya 4 persen. Bahkan jika skrining tidak normal, itu tidak selalu berarti bahwa bayi tersebut memiliki cacat.

Terkadang, tes tindak lanjut dapat dilakukan untuk mengkonfirmasi bahwa semuanya baik-baik saja.

Cara terbaik untuk melindungi bayi Anda adalah dengan mengonsumsi multivitamin dan asam folat dan vitamin prenatal lainnya.

About the author

habib

Leave a Comment