Kesehatan

Ahli Sebut Bukan Hanya Merusak Paru, Merokok Juga Bisa Sebabkan Kebutaan

Written by habib


Suara.com – Ahli Sebut Bukan Hanya Merusak Paru, Merokok Juga Bisa Sebabkan Kebutaan.

Menurut Royal National Institute of Blind People (RNIB) Inggris, perokok dua kali lebih mungkin kehilangan penglihatan dibandingkan mereka yang bukan perokok.

Tapi informasi tersebut masih belum diketahui banyak orang.

Bahkan menurut Association of Optometrists (AOP), hanya satu dari lima orang yang tahu bahwa merokok dapa dikaitkan dengan kebutaan.

Dikatakan, asap tembakau dapat menyebabkan serta memperburuk kondisi mata karena mengandung bahan kimia beracun yang dapat mengiritasi dan membahayakan mata.

Misalnya, logam berat seperti timah dan tembaga, yamg jika terkumpul dalam lensa dapat menyebabkan katarak karena lensa menjadi keruh.

Merokok juga dikatakan dapat memperburuk masalah penglihatan terkait diabetes dengan merusak pembuluh darah di belakang mata (retina).

Perokok juga tiga kali lebih mungkin mengalami degenerasi makula terkait usia, atau suatu kondisi yang mempengaruhi penglihatan seseorang serta kehilangan kemampuan untuk melihat detail secara bagus.

Perokok 16 kali lebih mungkin mengalami kehilangan penglihatan secara tiba-tiba yang disebabkan oleh neuropati optik, di mana pasokan darah ke mata menjadi tersumbat dibanding yang tidak merokok

Dalam jajak pendapat yang melibatkan 2.006 orang dewasa, 18% dengan percaya merokok dapat meningkatkan risiko kebutaan atau kehilangan penglihatan, sementara tiga perempatnya (76%) tahu bahwa merokok terkait dengan kanker.

AOP mengatakan berhenti merokok adalah langkah terbaik yang dapat dilakukam untuk melindungi penglihatan. Tentu saja dibarengi dengan melakukan pemeriksaan penglihatan secara teratur.

Aishah Fazlanie, Ahli Kacamata dan Penasihat Klinis dan Regulator untuk AOP, mengatakan orang-orang cenderung tahu hubungan antara merokok dan kanker, tetapi banyak orang tidak menyadari dampak yang dapat ditimbulkan rokok pada mata. “Merokok meningkatkan risiko kondisi yang mengancam penglihatan, seperti degenerasi makula terkait usia, yang merupakan alasan penting mengapa perokok harus mempertimbangkan untuk berhenti.” katanya dilansir dari BBC.

Jadi studi dan ahli seut perokok lebih mungkin kehilangan penglihatan dibandingkan mereka yang bukan perokok.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Mulut Wanita Ini Tak Bisa Menutup Setelah Tertawa Keras, Kok Bisa?




Source link

About the author

habib

Leave a Comment