Kesehatan

Balita Peluk Jenazah Ayah 3 Hari Tanpa Minum, Begini Cara Atasi Dehidrasi!

Written by habib

Suara.com – Warga Jember, Jawa Timur baru saja digegerkan seorang balita 1,2 tahun menemani dan memeluk jenazah ayahnya yang sudah meninggal 3 hari di rumah terkunci.

Balita itu mampu bertahan hidup selama 3 hari di dalam rumah terkunci tanpa makan dan minum. Warga setempat baru menemukan mereka ketika sang balitamulai menangis.

Umi Kalsum, bidan setempat pun langsung menyelamatkan balita 1,2 tahun ini yang mengalami dehidrasi akibat tidak minum dan makan 3 hari.

“Anak ini saya beri air gula karena dehidrasi. Ia sempat muntah dan langsung dimandikan oleh suami saya. Setelah itu saya beri susu karena dia lapar,” ungkap Umi Kalsum.

Seperti yang Anda ketahui, dehidrasi parah bisa menyebabkan kematian, apalagi jika dehidrasi terjadi kepada bayi dan balita.

Ilustrasi bayi usia satu tahun. (Shutterstock)
Ilustrasi bayi usia satu tahun. (Shutterstock)

Oleh karena itu, Anda harus segera menangani anak ketika mulai kehilangan banyak cairan.

Melansir dari Medical News Today, Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menolong balita dehidrasi adalah mencari produk rehidrasi oral.

Selain itu, Anda juga bisa memberinya sup bening, es atau gula ketika balita tidak mau minum air putih.

Ilustrasi balita akrab dengan orang asing di bandara.(Pexels/rawpixel)
Ilustrasi balita.(Pexels/rawpixel)

Jika balita masih menyusui, ada baiknya segera beri mereka susu untuk mengatasi dehidrasinya. Kondisikan anak Anda yang mengalami dehidrasi ini harus minum sedikit air setiap saat.

Jika dehidrasi disertai muntah-muntah, Anda baru bisa memberinya makanan padat ketika gejala itu sudah mereda setelah 8 jam.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Moms, Menyusui Ternyata Kurangi Risiko Kanker Payudara Lho!

About the author

habib

Leave a Comment