Kesehatan

Berapa Kali Idealnya Orang Mencuci Tangan dalam Sehari? Ketahui Faktanya!

Written by habib

Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay/offthelefteye)

Himedik.com – Mencuci tangan tak bisa dibaikan. Hal ini sangat penting terutama untuk mencegah penyebaran bakteri yang menyebabkan penyakit. Lalu berapa kali idealnya orang harus mencuci tangan?


Bukan sekadar cuci tangan pakai sabun, Anda juga harus memperhatikan kapan saja seharusnya mencuci tangan.


Jika Anda mencuci tangan kurang dari 6 kali sehari, artinya Anda masih kurang dari standar kebersihan dasar oleh Hygiene Council.


Anda mungkin terkejut ketika mencuci tangan sebanyak 6 kali sehari dinilai sangat kurang. Melansir dari winnsservices.co.uk, cuci tangan adalah cara terbaik unttuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Bagi Anda yang mencuci tangan lebih dari enam kali sehari, faktanya lebih sedikit menderita penyakit menular dibandingkan mereka yang mencuci tangan kurang dari jumlah yang disarankan.


Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

 


Rata-rata Anda harus mencuci tangan setidaknya 11 kali sehari, yakni tiga kali sebelum makan, delapan kali setelah menggunakan toilet.


Artinya, mencuci tangan lebih dari 6 kali sehari seharusnya hal yang sangat mudah dilakukan.


Namun, 11 kali mencuci tangan itu hanyalah jumlah rata-ratanya. Anda disarankan mencuci tangan lebih banyak dari rata-rata itu jika menyentuh hewan, menyiapkan makanan, memasak dan lainnya.


Karena, kita memang harus selalu mencuci tangan setelah memegang benda-benda yang sekiranya mengandung banyak kuman, termasuk handphone dan pena.


Bahkan kita juga harus selalu mencuci tangan setiap kali batuk dan bersin. Karena, itu bisa menyebabkan penyebaran kuman dan penyakit.



KAMU PERLU TAHU JUGA :   Konsumsi Buah Matoa Secara Rutin, Ini 5 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh!

About the author

habib

Leave a Comment