Kesehatan

Bisa Rusak Kapan Saja, Ketahui Tanda Implan Payudara Harus Diganti

Written by habib


Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah



Penampilan Millendaru ketika payudaranya sudah mulai tumbuh (Instagram/@millencyrus)

Himedik.com – Selain untuk mempercantik penampilan, operasi implan payudara juga dapat dilakukan karena alasan medis tertentu.


Salah satu selebriti yang melakukannya adalah Millendaru atau yang lebih dikenal sebagai Millen Cyrus. Ia mengaku melakukannya sekitar enam bulan yang lalu di Thailand.


“Operasi payudara di Thailand kemarin,” ujar Millen, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019) pekan kemarin.


Millen mengaku setelah menjalani proses operasi, dirinya merasa sakit. Walau begitu, ia tetap puas dengan hasil yang didapatnya.

Tak seperti payudara asli, implan payudara tentu tidak dapat bertahan seumur hidup. Ada waktu tertentu saat operasi pergantian akan dilakukan.


Berdasarkan Healthline, rata-rata implan, baik saline maupun silikon, akan bertahan 10 hingga 20 tahun. Namun banyak orang yang telah melepasnya dalam 8 atau 10 tahun.


Millen Cyrus [Suara.com/Sumarni
Millen Cyrus [Suara.com/Sumarni

Biasanya mereka melepasnya karena terjadi komplikasi atau masalah penampilan.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat implan payudara sudah harus diganti, meski belum 10 tahun.


1. Mengeras


Banyak orang mengalami capsular contracture, atau jaringan parut yang mengeras di sekitar satu atau kedua implan. Kondisi ini bisa menyebabkan sesak, nyeri, sakit, dan perubahan bentuk payudara yang tidak normal.


2. Saline rupture (kebocoran)


Jika implan saline pecah karena robekan atau lubang di bungkus implannya, ia bakal mengempis. Ketika bocor, cairan akan diserap oleh tubuh.


Kerusakan implan payudara pada tahun pertama memang langka, namun risikonya semakin meningkat seiring waktu.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Viral Bayi 14 Bulan Peluk Jenazah Ayahnya Alami Dehidrasi, Ini Bahayanya!


Tampilan implan payudara setelah diangkat (YouTube/Dr. Jae Chun, MD)
Tampilan implan payudara setelah diangkat (YouTube/Dr. Jae Chun, MD)

3. Silikon pecah


Implan silikon juga bisa saja pecah. Gel silikon jauh lebih tebal dari saline. Ketika implan silikon pecah, gel akan tetap berada di dalam implan atau jaringan parut di sekitarnya.


Itulah mengapa sering tidak diketahui ketika implan silikon pecah.


4. Posisi berubah


Implan payudara tak mencegah payudara Anda kendur seiring bertambahnya usia. Pertambahan dan penurunan berat badan juga bisa menyebabkan peregangan dan kendur.


Kalau merasa terganggu dengan perubahan bentuk payudara, seperti salah satu payudara menggantung lebih rendah atau putingnya menunjuk ke arah yang berbeda, lebih baik segera lakukan pengangkatan atau pergantian implan.



About the author

habib

Leave a Comment