Kesehatan

Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Efektif Bunuh Kuman Dibanding Hand Sanitizer

Written by habib

Suara.com – Secara umum, ternyata mencuci tangan menggunakan sabun dan air secara menyeluruh dapat mencegah penyebaran penyakit menular lebih baik daripada hanya menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol.

Menjaga tangan tetap bersih dapat membantu diri sendiri dan orang lain dari penyakit yang ditularkan melalui kontak tidak langsung, jelas Philip Tierno , profesor klinis di Departemen Patologi di NYU Langone Health.

“Secara keseluruhan, taruhan terbaik untuk rata-rata orang, dalam keadaan normal, adalah mencuci tangan dengan sabun dan air,” kata Tierno kepada INSIDER.

Dia menambahkan sabun dan air dapat lebih efektif daripada hand sanitizer berbahan dasar alkohol karena beberapa bakteri berbahaya seperti Clostridium difficile , sejenis pembentukan spora, tidak terbunuh.

Menurutnya, untuk memerangi kuman dengan mencuci tangan berarti harus fokus pada berapa lama dan seberapa bersih Anda mencuci tangan.

Ilustrasi. mencuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi. mencuci tangan. (Shutterstock)

Berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), diperlukan waktu 20 detik atau lebih saat mencuci tangan.

Dalam hal efektivitas membunuh kuman, jenis sabun dan suhu air yang Anda gunakan tidak terlalu penting. Fokus utama Anda harus mencuci tangan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Namun jika tidak ada air dan sabun, hand sanitizer juga dapat digunakan. Tetapi setidaknya kadar alkoholnya 60%.

“Ketika sabun dan air tidak tersedia, gel alkohol disarankan oleh CDC sebagai alternatif,” kata Tierno.

“Dengan cara yang sama Anda akan mencuci tangan Anda dengan sabun dan air, gosok tangan Anda bersama dengan hand sanitizer, masuk di sela-sela angka Anda, gosok tangan Anda dan telapak tangan seperti halnya saat mencuci tangan dengan baik dengan sabun dan air,” katanya.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Ngeluh Sakit Perut, Dokter Temukan Tusuk Gigi di Perut Wanita Ini

About the author

habib

Leave a Comment