Kesehatan

Diungkap Peneliti, Begini Cara Kegelisahan Cegah Anak Alami Obesitas

Written by habib

Suara.com – Kegelisahan anak-anak memang cukup membuat orang tua atau guru terganggu. Meski begitu, ternyata kegelisahan dapat melindungi anak-anak terhadap obesitas.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan, anak-anak usia empat hingga enam tahun yang tidak bisa diam saat duduk akan membakar cukup energi selama satu tahun.

Energi yang dihasilkan dari rasa gelisah karena tidak dapat duduk diam ini setara dengan seseorang menahan batu besar.

Dalam penelitian ini, peneliti mengukur energi yang dikeluarkan anak-anak selama satu jam saat bermain, mewarnai dan menonton TV.

Anak yang paling gelisah bergerak 53 kali, seperti bergeser dari duduk ke berdiri atau berbaring ke berjalan. Sementara yang paling malas bergerak mengubah posisi hanya 11 kali selama satu jam.

Ilustrasi anak-anak kembali ceria setelah mengikuti Fun Therapy setelah mengalami trauma psikis. (Shutterstock)
Ilustrasi anak-anak (Shutterstock)

Mereka yang paling gelisah membakar 14% kalori lebih banyak daripada anak yang tidak bergerak, atau sepersepuluh kalori ekstra per menit.

Bagi anak-anak dengan rerata usia ini, duduk selama 10 jam sehari seperti yang disarankan oleh penelitian, jumlah ini dapat mencapai 22.000 kalori per tahunnya.

Hal ini dapat mencegah kenaikan berat badan sekitar 2 kilogram lebih, lapor Daily Mail.

Studi yang dipimpin oleh Profesor John Reilly dari University of Strathclyde, bekerja dengan para peneliti Australia, diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Tak Cuma Indonesia, Inggris Juga Alami Masalah Krim Pemutih Kulit Ilegal

About the author

habib

Leave a Comment