Edukasi Keperawatan News Organisasi Seminar Tak Berkategori

DPP PPNI Apresiasi Pelaksanaan CEIORNA Ke-19

Written by habib

Wartaperawat.com – Adanya kompetensi yang dimiliki perawat merupakan aspek penting dalam upaya memberikan jaminan mutu pelayanan dan keselamatan klien khususnya pelayanan di kamar operasi.

Realitanya masih banyak rumah sakit di Indonesia, memperkerjakan perawat yang belum memiliki pemahaman mengenai Keperawatan Perioperatif di kamar operasi.

Himpunan Perawat Kamar Bedah Indonesia (HIPKABI) yang merupakan badan kelengkapan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menjadi peduli terhadap permasalah tersebut, termasuk pula Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI turut memberikan pembinaan dan pengembangan atas ilmu keperawatan di era globalisasi saat ini.

DPP PPNI menghadiri undangan HIPKABI dalam kegiatan Continuing Education Indonesian Operating Room Nurses Association (CEIORNA) ke-19 dalam menyelenggarakan Pra Symposium dan Seminar.

Kegiatan yang dapat memberikan informasi dan pengetahuan dalam Keperawatan Perioperatif berlangsung di Royal Orchid Hotel, Malang, Jawa Timur, 15-17 November 2019.

Pelaksanaan CEIORNA ke-19 dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Nursalam, M.Nur (Hons) selaku Ketua DPP PPNI Bidang Pendidikan dan Pelatihan, mewakili Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah, S.Kp,M.Kep,SH,MH.

Hadir dalam kegiatan ini Ns. Anthoneta Paliama, S.Kep, SpKV sebagai Ketua Dewan Pertimbangan HIPKABI., Ketua Pengurus Pusat (PP) HIPKABI Ns. Suatmaji, S.Kep., Sekretaris PP HIPKABI Ns. Neny Listiowati, S.Kep., Ketua PW HIPKABI Jawa Timur Ns. Choirul Anam, S.Kep., Ketua Panitia Ns. Bambang Suliono, S.Kep., Ketua DPD PPNI Kota Malang Ns. Bagong Priyantono, S.Kep,MM., DPD PPNI Kota Batu Ns. Sholikhin, S.Kep dan para undangan lainnya.

Peserta yang hadir merupakan perawat kamar bedah dari seluruh Indonesia, praktisi maupun akademisi keperawatan dan non keperawatan serta perawat di ruang rawat bedah.

Melalui keterangan dari panitia pelaksana, Prof Nursalam dalam sambutannya, Sabtu (16/11/2019), mengapresiasi HIPKABI terkait dengan adanya kewenangan klinis yang sedang dibuat oleh HIPKABI.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Seminar dan Workshop Keperawatan: Respiratory Failure, April 2016

Prof Nursalam juga menyampaikan tentang 5 pilar dari kompetensi yang terdiri : 1. Etik Legal., 2.Profesional., 3. Management Leadership., 4. Education and Research dan 5. Profesional, Personal and Quality Development.

Disamping itu menurutnya, penting mengembangkan pendidikan dan pengetahuan yang mengacu pada Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan (PKB) PPNI yaitu : 1. Etik., 2. CPD dan 3. Advokasi.

Berdasarkan keterangan dari panitia pelaksana berkaitan tujuan kegiatan ini, yang diharapkan setelah mengikuti Pra Symposium dan seminar bahwa para peserta akan bertambah pemahaman serta mampu berperan aktif dan menerapkan keterampilan dalam upaya meningkatkan peran Keperawatan Perioperatif di kamar operasi.

Dijelaskan pula bahwa CEIORNA merupakan salah satu bentuk kegiatan rutin, yang dilaksanakan oleh Pengurus Pusat (PP) HIPKABI sebagai program kerja organisasi.

Adapun tujuan utamanya adalah memberikan informasi perkembangan ilmu dan teknologi khususnya keperawatan yang akan menunjang peran dan fungsinya sebagai perawat kamar bedah guna menghadapi persaingan dalam era globalisasi.

Diharapkan juga, agar perawat kamar bedah dapat menjadi mitra kerja yang handal dan dapat menjadi anggota tim operasi yang dapat dipertanggung jawabkan kemampuannya dalam pelayanan di kamar bedah.

Berdasarkan laporan dari Ketua PP HIPKABI Ns. Suatmaji, S.Kep setelah kegiatan, bahwa pada acara tersebut telah disusun kewenangan klinis dan SKKI kamar bedah.

Rangkaian kegiatan Pra Symposium berlangsung pada hari Jumat (15/11/2019), pelaksanaan Seminar pada hari Sabtu (16/11/2019) dan Free Paper di hari Minggu (17/11/2019).

Kesuksesan kegiatan ini berkat kerja sama antara Pengurus Pusat HIPKABI, Pengurus Wilayah HIPKABI Provinsi Jawa Timur dan Pengurus Daerah HIPKABI Malang Raya. (IM)

 

Sumber : Sekretaris PP HIPKABI

 

 


Post Views:
7

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Ketum DPP PPNI Hadiri Pelantikan DPD PPNI Kepahiang & DPK

infoperawat.id adalah platform informasi keperawatan dan kesahatan. Support kami agar terus memberi informasi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Source link

About the author

habib

Leave a Comment