Kesehatan

Handuk Juga Punya ‘Masa Kedaluwarsa’! Cuci Sebelum Jadi Sarang Penyakit!

Written by habib

Suara.com – Handuk, hal yang setiap hari kita gunakan. Sudah semestinya kita menjaganya agar tetap bersih sehingga mandi yang kita lakukan tidak percuma.

Menurut dokter kulit, Alok Vij, MD, dari Klinik Cleveland mengatakan, semakin lama handuk dibiarkan lembap, maka semakin banyak bakteri, jamur dan virus yang menempel dan mereka tetap aktif.

“Mereka dapat menyebabkan kuku jari kaki berjamur, kutu air, tinea cruris dan kutil , atau menyebabkan kondisi kulit (infeksi) menyebar,” ujar Vij.

“Dan handuk kotor pasti dapat menyebabkan eksim atau dermatitis atopik,” sambungnya.

Agar handuk lebih bersih, lakukan berbagai hal ini.

1. Sebagai aturan umum, cucilah handuk mandi Anda (atau ganti dengan handuk yang bersih) setidaknya sekali seminggu dan handuk kecil Anda beberapa kali seminggu.

2. Cuci handuk lebih sering jika Anda sakit untuk menghindari infeksi ulang dan cuci lebih dari seminggu jika kelembapan di rumah Anda tinggi , terutama selama bulan-bulan musim panas, jika Anda tidak memiliki AC.

3. Boleh bersama dengan pasangan selama kondisi berdua tidak memiliki penyakit kulit seperti eksim atau sedang sakit.

Untuk anak-anak, lebih baik mereka menggunakan handuk sendiri.

4. Gantung handuk basah, karena ini tempat berkembangbiaknya kuman. Jadi gantung handuk basah yang dibentangkan sehingga dapat benar-benar kering di antara penggunaan.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Dikira Tumor, Gadis Asal India Ini 'Mengandung' Saudara Kembarnya Sendiri!

About the author

habib

Leave a Comment