Kesehatan

Hari Disabilitas Internasional, Ini Deretan Bintang Hollywood yang Difabel

Written by habib

Suara.com – Setiap tanggal 3 Desember, dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional yang digagas oleh PBB sejak 1992. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dukungan terhadap martabat, hak, dan kesejahteraan penyandang disabilitas.

Disabilitas tentu tidak memiliki kelas sosial dan kondisi ini dapat memengaruhi semua orang dari semua lapisan masyarakat. Bahkan, beberapa bintang dunia seperti Tom Cruise pun penyandang disabilitas, yaitu disleksia.

Melansir Topcounselingschool.org, berikut beberapa selebriti penyandang disabilitas. Dan kebanyakan dari mereka memiliki gangguan dalam kemampuan belajar.

1. Jennifer Aniston, disleksia

Jennifer Aniston (Valerie Macon / AFP)
Jennifer Aniston (Valerie Macon / AFP)

Aktris cantik ini mengaku dirinya ingat merasa seolah-olah sebagai orang bodoh. Baru setelah ia menjalani pemeriksaan mata pada usia 20-an ia akhirnya didiagnosis memiliki kondisi disleksia.

Meski memiliki keterbatasan dalam membaca, hal itu tidak menghalanginya mewujudkan mimpi sebagai entertainer.

2. Orlando Bloom, disleksia

Orlando Bloom [shutterstock]
Orlando Bloom [shutterstock]

Aktor Pirates of the Caribbean dan Lord of the Rings ini justru bangga dengan kondisinya.

“Karunia disleksia, adalah bahwa saya mempelajari segalanya (secara) maju dan mundur, luar dalam, jadi saya sepenuhnya siap. Saya harus mempelajari segalanya sehingga saya tidak akan mengalami demam panggung atau dialognya tidak lepas dari kepalaku,” tuturnya.

Bloom didiagnosis dengan disleksia pada usia 7 tahun, dan dimasukkan ke kelas akting untuk membantu mengembangkan kreativitasnya dan membangun rasa percaya dirinya.

3. Daniel Radcliffe, dyspraxia

Aktor Daniel Radcliffe.(shutterstock)
Aktor Daniel Radcliffe.(shutterstock)

Pemeran Harry Potter ini mengalami dyspraxia yang membuatnya kesulitan untuk mengikat tali sepatunya sendiri atau membuat garis lurus meski menggunakan penggaris.

Dyspraxia merupakan gangguan neurologis yang memengaruhi perkembangan keterampilan motorik.

Radcliffe, didiagnosis dengan kondisi ini sejak kecil dan dikatakan kasusnya masih ringan. Namun hal ini tidak menghalanginya dalam mencapai kesuksesan.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   4 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Dapat Menyebabkan Masalah Fisik

About the author

habib

Leave a Comment