Kesehatan

Ibunda SBY Sakit, Ketahui Penyakit yang Umumnya Dialami Lansia

Written by habib

Suara.com – Kabar kurang menyenangkan datang dari Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Sang ibu, Siti Habibah, tengah dirawat di rumah sakit.

Hal ini diketahui dari cuitan ayah AHY itu pada Selasa (13/8/2019) kemarin. Pria 69 tahun ini meminta doa masyarakat untuk kesembuhan ibunya.

“Saya beserta keluarga mohon doa dari seluruh sahabat agar Ibunda kami tercinta Siti Habibah yang saat ini sedang dirawat di ICU dapat diangkat segala penyakitnya oleh Allah SWT dan dapat kembali berkumpul bersama keluarga tercinta. Amin YRA,” cuit SBY.

Dalam cuitan tersebut SBY tidak menyebut penyakit yang diderita sang ibu. Namun kemungkinan ini disebabkan oleh usia sang ibunda. 

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kondisi kesehatan yang umumnya mengganggu orang dengan usia lebih tua termasuk gangguan pendengaran, katarak dan kesalahan refraksi, nyeri punggung dan leher dan osteoartritis, penyakit paru obstruktif kronis, diabetes, depresi, dan demensia.

SBY saat mencium ibunya yang terbaring sakit. [Twitter/SBY]
SBY saat mencium ibunya yang terbaring sakit. [Twitter/SBY]

Selain itu, seiring bertambahnya usia, mereka cenderung mengalami beberapa kondisi pada saat yang sama.

Sedangkan menurut laporan Texas A&M University Health Science Center, kondisi kesehatan yang umumnya dialami oleh orang lansia seperti:

– Kodisi kesehatan kronis

Menurut National Council on Aging, sekitar 92% manula memiliki setidaknya satu penyakit kronis dan 77% memiliki setidaknya dua penyakit.

Penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes adalah beberapa kondisi kesehatan kronis yang paling umum dan mahal yang menyebabkan dua pertiga kematian setiap tahun.

– Kesehatan kognitif

Kesehatan kognitif difokuskan pada kemampuan seseorang untuk berpikir, belajar dan mengingat. Masalah kesehatan kognitif yang paling umum dihadapi lansia adalah demensia.

Menurut National Institute on Aging , kondisi kesehatan kronis lainnya dan penyakit meningkatkan risiko pengembangan demensia, seperti penyalahgunaan zat, diabetes, hipertensi, depresi, HIV dan merokok.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Durasi Tidur Ternyata Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Waktu yang Dibutuhkan

– Kesehatan mental

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, lebih dari 15% orang dewasa di atas usia 60 menderita gangguan mental.

Gangguan mental yang umum di antara manula adalah depresi, terjadi pada tujuh persen populasi lansia. Sayangnya, gangguan mental ini sering kurang terdiagnosis dan diobati.

About the author

habib

Leave a Comment