Kesehatan

Jaga Kesehatan, Risiko 5 Kanker Ini Meningkat di Atas Usia 50 Tahun!

Written by habib


Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah



Himedik.com – Salah satu faktor yang dapat mengembangkan kanker adalah usia.  Lebih dari 60% semua diagnosis kanker baru di Amerika ditemukan pada orang berusia 50 tahun ke atas, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).


Para pria tua berisiko terhadap penyakit kanker seperti kanker hati. Di sisi lain, wanita tua sangat berisiko mengalami kanker payudara.


Melansir INSIDER, inilah beberapa kanker yang risikonya meningkat pada orang tua.


1. Kasus kanker hati

Pola makan tidak sehat adalah bagian utama dari peningkatan kanker hati, dan sebanyak 70% kasus mungkin terkait dengan obesitas, diabetes tipe dua, konsumsi alkohol berat, atau merokok. Infeksi kronis seperti hepatitis B dan C juga berperan.


2. Kanker kulit


Radiasi ultraviolet dari matahari merupakan faktor utama dalam kanker kulit, tetapi riwayat keluarga juga bisa menjadi salah satu faktor risikonya.


Mengenakan lengan panjang dan topi lebar, tak menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari, dan menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, bisa mengurangi risiko.


Diidap menantu Hatta Rajasa, apa penyebab kanker kulit?
Ilustrasi kanker kulit (Shutterstock)

3. Kanker rahim


Tingkat kejadian kanker rahim telah meningkat sejak 2016, yaitu naik sekitar 1% per tahun untuk wanita kulit putih dan 2% setiap tahun untuk wanita kulit hitam.


Obesitas merupakan faktor kuat dalam kanker rahim karena meningkatkan jumlah estrogen, menurut American Cancer Society (ACS).


Olahraga dan penggunaan alat kontrasepsi, baik melalui obat-obatan atau alat kontrasepsi dalam rahim, bisa mengurangi risiko kanker rahim.


KAMU PERLU TAHU JUGA :   Tinta Berwarna Cerah pada Tato Lebih Berbahaya Dibanding Hitam, Kenapa?

4. Kanker prankeas


Faktor gaya hidup seperti kebiasaan merokok dan pola makan sangat terkait dengan risiko kanker pankreas.


Orang yang merokok dua kali lebih mungkin berisiko kanker ini. Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak, diabetes tipe 2, obesitas, serta riwayat keluarga adalah faktor terkait lainnya.


Jaga Kesehatan, Risiko 5 Kanker Ini Meningkat di Atas Usia 50 Tahun! - 2
Ilustrasi pankreas bermasalah. (Shutterstock)

5. Kanker payudara


Tingkat kasus kanker payudara baru juga perlahan telah meningkat sejak 2006, menurut ACS. Wanita usia antara 65-84 tahun dinyatakan paling berisiko.


Walau obesitas dan kurang olahraga bisa meningkatkan risiko, beberapa faktor terbesar dalam kanker payudara adalah riwayat keluarga dan kadar hormon.



About the author

habib

Leave a Comment