Kesehatan

Jangan Abaikan Batuk di Malam Hari, Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronis!

Written by habib

Suara.com – Banyak orang yang masih kurang menyadari sedang menderita masalah jantung. Padahal jika diabaikan, masalah jantung bisa menjadi penyakit kronis yang berakibat fatal.

Di sisi lain, banyak orang mungkin ragu memeriksakan kondisi jantungnya karena faktor biaya dan lainnya. Oleh karena itu, banyak orang baru mengetahuinya ketika penyakit jantung sudah cukup parah.

Padahal Anda bisa menyadarinya lebih awal jika tidak mengabaikan tanda-tanda fisik ringan yang merupakan gejala masalah jantung. Melansir dari Mirror, berikut ini gejala awal fisik yang biasnya terjadi.

1. Sakit di bagian rahang dan leher

Tidak semua masalah jantung pasti ditandai dengan serangan jantung ringan. Sakit di bagian rahang atau leher, kelelahan, dan mual, bisa jadi tanda penyakit jantung.

2. Bicara tidak jelas

Jika Anda sering berbicara tidak jelas, bisa jadi tanda stroke. Biasanya gejala awal stroke ini disertai terkulai di satu sisi wajah, mati rasa dan sakit kepala mendadak.

Ilustrasi serangan jantung. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung. (Sumber: Shutterstock)

3. Kuku pucat

Penampilan kuku yang pucat juga terkait dengan anemia, gagal jantung kongestif atau penyakit hati. Sedangkan kuku yang kebiruan bisa berarti Anda tidak cukup oksigen, ada masalah paru-paru atau jantung.

4. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti rasa sakit di area pusar selama beberapa jam bisa jadi tanda apendistis, masalah kandung empedu, penyumbatan usus atau sakit maag.

Kesehatan jantung. (Shutterstock)
Kesehatan jantung. (Shutterstock)

5. Batuk malam hari

Jika Anda bukan penderita asma atau refluks asam tetapi sering batuk di malam hari bisa jadi itu tanda awal gagal jantung kongestif. Hal ini bisa terjadi karena cairan menumpuk di dada dan jantung ketika Anda berbaring dalam waktu yang lama.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Keseringan Cuci Tangan Justru Membuat Anda Mudah Sakit, lho!

About the author

habib

Leave a Comment