Kesehatan

Kebiasaan Kencing di Malam Hari Ternyata Bisa Deteksi Tekanan Darah Tinggi!

Written by habib


Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni



Himedik.com – Para peneliti meyakini masih banyak orang tidak menyadari bahwa menderita tekanan darah tinggi. Padahal penyakit yang bisa dideteksi melalui air kencing ini bisa berakibat fatal jika dibiarkan lama.


Di sisi lain, penyakit ini sudah bisa dideteksi sejak dini menggunakan sejumlah pemeriksaan medis. Selain itu, kita juga bisa mendeteksinya melalui kebiasaan buang air kecil di malam hari.


Melansir dari Express, jantung berdetak menandakan organ ini memompa darah ke seluruh tubuh untuk memberikan energi dan oksigen. Saat darah akan bergerak mendorong sisi-sisi pembuluh darah, kekuatan dorongan inilah bisa membaca kondisi tekanan darah kita.


Jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi, tekanannya bakal lebih ekstra pada arteri dan jantung. Apabila dibiarkan, kondisi ini tentu bisa berbahaya dalam jangka pendek maupun panjang.

Oleh karena itu, bila Anda mengetahuinya lebih awal, tentu semakin baik. Salah satunya dengan memperhatikan kebiasaan buang air kecil di toilet.


Ilustrasi buang air kecil di malam hari (shutterstock)
Ilustrasi buang air kecil di malam hari (shutterstock)

Orang yang punya tekanan darah tinggi biasanya lebih sering buang air kecil ke toilet pada malam hari. Sebuah penelitian pun telah membuktikan hubungan frekuensi buang air kecil di malam hari dengan tekanan darah tinggi.


“Penelitian kami menunjukkan bahwa jika Anda buang air kecil di malam hari yang disebut nokturia. Anda mungkin mengalami peningkatan tekanan darah dan kelebihan cairan di tubuh,” ungkapDokter Satoshi Konno, Divisi Hipertensi.


Dokter Satoshi Konno pun menyarankan bagi orang yang mengalami kondisi itu untuk periksa tekanan darah dan asupan garam.


Kebiasaan Kencing di Malam Hari Ternyata Bisa Deteksi Tekanan Darah Tinggi! - 2
Ilustrasi buang air kecil. (Shutterstock)

Sebab, penelitian sebelumnya juga sudah melaporkan bahwa asupan garam yang tinggi berkaitan dengan nokturia.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   'Bang Udin PSIM', Pijat Urut Legendaris Jogja yang Tangani Tulang dan Saraf


“Kami menemukan bahwa bangun di malam hari untuk buang air kecil terkait dengan peluang 40 persen lebih besar mengalami hipertensi. Semakin banyak kunjungan di toilet maka semakin besar risiko hipertensi,” kata dia menjelaskan.



About the author

habib

Leave a Comment