Kesehatan

Kenali Khasiat Madu Manuka, Punya Kandungan Antibakteri Tinggi

Written by habib

Suara.com – Madu dikenal sebagai makanan kaya manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tak cuma satu, ada beragam jenis madu yang kini bisa dikonsumsi. Salah satunya yakni madu manuka.

Madu manuka secara luas dianggap sebagai salah satu bentuk madu yang paling unik dan bermanfaat di dunia. Madu ini berasal dan diproduksi di Selandia Baru, oleh lebah yang menyerbuki semak manuka.

Dilansir dari Web MD, hal yang membuat madu manuka istimewa adalah kandungan komponen antibakteri, yakni methylglyoxal (MG) yang lebih kuat dibanding madu lainnya.

Karena kandungan itu, memberi madu manuka beberapa kemampuan sebagai antioksidan dan antiperadangan. Semakin tinggi konsentrasi MG, maka akan semakin kuat efek antibiotiknya

Para ahli mengatakan bahwa untuk mendapat manfaat madu manuka bisa dengan mengonsumsinya 1-2 sendok makan sehari.

Ilustrasi Madu (fancycrave1)
Ilustrasi Madu (fancycrave1)

Mongonsumsi madu manuka bisa dilakukan dengan cara menyantapnya langsung, ditambahkan ke dalam yogurt dan teh maupun dijadikan selai roti.

Ada banyak manfaat madu manuka mulai dari menyembuhkan sakit tenggorokan, memperbaiki pencernaan, meningkatkan energi hingga mengatasi infeksi dan radang gusi.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, madu manuka juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

“Maduka Manuka organik murni adalah alternatif alami yang sempurna untuk menyembuhkan jerawat dan infeksi kulit,” kata pakar perawatan kulit Malvina Fraser seperti dikutip dari Marie Claire.

“Ini juga merupakan pelembab alami yang meningkatkan hidrasi kulit karena mampu menyerap kelembaban langsung dari udara dan menariknya ke dalam kulit,” lanjutnya.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Makan Tomat Setiap Hari, Ini 5 Khasiat Ajaibnya bagi Tubuh

About the author

habib

Leave a Comment