Kemenkes RI Keperawatan News Pemerintah

Minum Air Bersama Demi Jaga Kesehatan

Written by habib

Wartaperawat.com – Melakukan kebiasaan yang berdampak baik pada kesehatan jemaah haji perlu terus dilakukan guna mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan.

Adanya sosialisasi minum air bersama sekaligus diselingi dengan gerakan di Padang Arafah ditujukan agar kesehatan para jemaah haji tetap terjaga.

Kegitan upaya tersebut dicanangkan untuk mengajak jemaah haji untuk lebih sering meminum air, terutama air mineral atau air zam-zam. Suhu udara di Arab Saudi, khususnya saat pelaksanaan Wukuf di Arafah sedang tinggi. Dengan minum bareng dapat meminimalkan risiko dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Saat musim haji tahun 2019 ini, gerakan minum air bersama kembali dilaksanakan oleh seluruh jemaah haji Indonesia dari berbagai kloter. Tim Promotif Preventif yang tengah berkeliling ke tenda-tenda mengajak jemaah untuk minum bareng.

Begitu juga yang dilakukan oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc., saat berkunjung ke salah satu kloter di dekat pos satelit 3 Arafah.

“Perbanyak minum air dan makan buah,” pesan Eka kepada jemaah.

Gerakan minum air bersama dipraktikkan selama di Arafah mulai pukul 10.00 hingga pukul 16.00 Waktu Arab Saudi, dengan selang waktu dua jam. Seluruh jemaah haji beserta petugas kloternya secara bersamaan meminum air yang sudah dicampur dengan oralit.

Kebiasaan minum bareng sudah mulai digalakkan sejak dilaksanakan penyuluhan-penyuluhan kesehatan di kloter.

Diharapkan gerakan ini terus dilakukan tidak hanya saat puncak haji di Armuzna tetapi sampai dengan akhir waktu keberadaan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi. (IM)

 

Sumber : Berita dan foto dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI

 


Post Views:
2

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Praktik dan Fungsinya dalam Dunia Medis

infoperawat.id adalah platform informasi keperawatan dan kesahatan. Support kami agar terus memberi informasi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Source link

About the author

habib

Leave a Comment