Edukasi Keperawatan News

Pemakaian Besek Bambu Lebih Baik

Written by habib

Wartaperawat – Bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha atau lebaran haji, umat muslim di seluruh dunia bagi yang mampu biasa melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Dalam upaya menjaga kualitas daging kurban agar diterima dengan baik kepada masyarakat, dapat dilakukan dengan berbagai cara dan lebih higenis.

Kebiasan baik yang telah diterapkan oleh pengurus masjid dalam pelaksanaan penyembelihan dan pembagian hewan kurban sekaligus demi menjaga kualitas daging agar tetap baik itu perlu dipertahankan.

Berdasarkan pengalaman yang pernah dilakukan pada tahun lalu, dapat pula diterapkan kembali seiring dengan kebutuhan dan manfaat yang diperoleh sekaligus sesuai dengan himbauan dari Pemda DKI Jakarta.

“Tahun ini ada 14 sapi dan 16 kambing yang kami terima dari jemaah untuk disembelih, jadi ada peningkatan dari tahun lalu, dimana sapi yang disembelih 10 ekor pada waktu itu,” ungkap Dr. H. Musirin, MM disela-sela pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Lapangan Masjid Nurul Hikmah, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Ahad (11/8/2019).

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Hikmah ini menjelaskan penggunaan besek bambu pada tahun 2019 ini terus berlanjut, dikarenakan mempunyai dampak yang baik bagi masyarakat dan lingkungan.

“Pemakaian besek ini lebih sehat, lebih ramah dengan lingkungan. Dari pengalaman tahun lalu, menurut masyarakat yang menerima hewan kurban merespon positif. Setelah daging diterima dimasak, bekas beseknya dapat digunakan untuk hal lainnya, disamping itu pemakaian besek itu ramah lingkungan,” terangnya.

Musirin mengucapkan terima kasih kepada panitia yang turut membantu mensukseskan rangkaian pelaksanaan Idul Adha 1440 H dan juga kepada para jemaah yang telah menitipkan hewan kurban untuk disembelih mendapatkan balasan kebaikan.

“Saya mewakili pengurus mengucapkan terima kasih kepada para pengkurban yang telah memberikan kepercayaan kepada Masjid Nurul Hikmah, baik yang patungan sapi maupun secara pribadi ataupun pemberian kambing,” katanya.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   PPNI Dilibatkan Atasi Masalah Wamena

“Bagi semua yang berkurban, semoga mendapatkan pahala, barokah, limpahan dan keleluasan rejeki dari Allah SWT,” harap Musirin.

Berkat bantuan dan dukungan dari panitia maupun masyarakat sekitar, pelaksanaan berjalan baik termasuk pula keterlibatan ibu-ibu dan remaja putri. (IM)

 

 

 


Post Views:
25

infoperawat.id adalah platform informasi keperawatan dan kesahatan. Support kami agar terus memberi informasi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Source link

About the author

habib

Leave a Comment