Edukasi Keperawatan News Seminar

Peringatan Pekan ASI Sedunia Di RSU Adhyaksa

Written by habib

Wartaperawat.com – Disetiap tahunnya di seluruh dunia selalu diperingati sebagai Pekan ASI (Air Susu Ibu) Sedunia atau World Breastfeeding Week, yang berlangsung pada 1-7 Agustus.

Berawal dengan adanya anjuran pemberian ASI secara eksklusif, artinya bayi hanya diberi ASI saja, tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat.

Tentunya pemberian ASI secara eksklusif ini dianjurkan untuk jangka waktu setidaknya selama 6 bulan, dan setelah 6 bulan bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat. Sementara ASI dapat diberikan sampai bayi berusia 2 tahun atau bahkan lebih dari 2 tahun.

Pelaksanaan Pekan ASI ini sedunia ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat di seluruh dunia bahwa betapa pentingnya ASI bagi bayi.

Untuk peringatan Pekan ASI Sedunia di Indonesia, dilaksanakan juga serentak di berbagai pelayanan kesehatan. Berkaitan hal tersebut, RSU (Rumah Sakit Umum) Adhyaksa berinisi menggelar kegiatan Talkshow dan Demo Teknik memberi ASI yang benar.

Diperingatan Pekan ASI Sedunia tahun ini, mengangkat tema “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui”.

“Pada hari ini kita mengadakan kegiatan untuk mendukung program Pekan ASI Sedunia. Harapan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan para tenaga medis juga kader kesehatan dalam memberikan ASI dan bagaimana cara memberikan ASI yang baik,” ungkap dr. Dyah Eko Judihartanti, MARS, setelah kegiatan berlangsung di RSU Adhyaksa, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Sabtu (3/8/2019).

Direktur RSU Adhyaksa ini berharap agar pemberian ASI eksklusif itu presentasinya dapat meningkat, dikarenakan ternyata tidak hanya dukungan dari keluarga, tetapi peran dari tokoh masyarakat, kader, tenaga kesehatan itu juga sangat penting.

“Sehingga harapannya, melalui momen Pekan ASI Sedunia ini, kita ambil sebagai salah satu langkah dari RSU Adhyaksa untuk membantu meningkatkan dukungan kepada orang tua yang memang memiliki bayi di bawah 6 bulan,” terangnya.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Inilah 5 Langkah Menjadi Seorang Perawat Sukses

Disempatan ini, dr. Dyah menjelaskan bahwa RSU Adhyaksa telah memiliki klinik laktasi, dengan tersedianya dokter-dokter yang memang setiap harinya berpraktek di RSU Adhyaksa dan ada pula konselornya.

Diungkapkannya pula, bahwa anjuran pemberian ASI tersebut juga akan terus berkesinambungan, jadi tidak hanya di Pekan ASI 1-7 Agustus ini saja. Untuk itulah, pihak RSU Adhyaksa tetap berkolaborasi juga dengan Puskesmas Kecamatan yang dibawah binaannya, termasuk Puskesmas Kelurahan.

“Oleh karena itu, pada hari ini dengan keikutsertaan tenaga medis yang bukan hanya dari RSU Adhyaksa, tetapi juga dari teman-teman Puskesmas Kelurahan dan Kecamatan di lingkungan Cipayung. Saya berharap, kegiatan ini dapat mendukung program untuk peningkatan, pencapaian ASI eksklusif untuk para ibu,” pungkasnya.

Pada kegiatan kali ini, panitia pelaksana yang diketuai dr. Yohan Wenas Gunawan, MPH menghadirkan pembicara Dr. Astrid Angelis, Sp.A., dan Bidan Bunga Yulianti, S.Tr.Keb.

Kesuksesan kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari para peserta yang berasal dari tenaga kesehatan dan masyarakat umum, berkat bantuan Dr. Diah Anggraini, MM (Kabid Pelayanan Medis RSU Adhyaksa) yang dipercaya sebagai moderator. (IM)


Post Views:
10

infoperawat.id adalah platform informasi keperawatan dan kesahatan. Support kami agar terus memberi informasi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Source link

About the author

habib

Leave a Comment