Kesehatan

Rangganis, Secarik Kisah Rumah Singgah Orang yang Berobat di Bandung

Written by habib

Suara.com – Rangganis, Secarik Kisah Rumah Singgah Orang yang Berobat di Bandung.

Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin yang terletak di Jalan Pasteur, Kota Bandung, kerap dijadikan rumah sakit rujukan bagi pasien yang berasal dari berbagai wilayah. Beberapa diantaranya bahkan tinggal jauh dari Kota Bandung.

Kalau sudah begitu, keluarga pasien yang tinggal jauh biasanya akan mencari tempat berteduh, mulai dari kontrakan sampai kost-kostan.

Padahal hal tersebut tak hanya melelahkan secara fisik tetapi juga membebani secara finansial bagi beberapa keluarga pasien.

Berawal dari keprihatinan terhadap masyarakat daerah yang melakukan pengobatan di sana, maka dibangunlah Rangganis atau Rumah Singgah Humanis.

Rangganis diinisiasi oleh organisasi Jabar Bergerak yang dipimpin oleh Atalia Kamil yang didukung penuh oleh pemerintah Jawa Barat, serta pihak donatur termasuk Shafira Corporation yang diwakili oleh brand Zoya. 

Rumah yang dijadikan lokasi Rangganis sendiri merupakan aset pemerintah daerah Jawa Barat yang kemudian dimanfaatkan untuk masyarakat khususnya mereka yang sedang menjalani pengobatan di RSPU Dr. Hasan Sadikin, mulai dari pengidap kanker yang melakukan kemoterapi hingga cuci darah. 

Ada Rangganis [ig @ridwankamil]
Ada Rangganis [ig @ridwankamil]

Rumah singgah sendiri terdiri dari 30 tempat tidur bagi pasien anak-anak hingga dewasa. 

Setelah dilakukan renovasi, Rangganis dibuka untuk umum pada 20 Agustus 2019 lalu yang diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Kisah Ibu Tunggal yang Donorkan Organnya dan Selamatkan 4 Nyawa

About the author

habib

Leave a Comment