Keperawatan News Organisasi

Semangat Pengorbanan Relawan PPNI

Written by habib

Wartaperawat.com – Kepedulian terhadap dampak korban banjir masih terus dilakukan oleh para relawan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di posko kesehatan yang sudah tersedia.

Penanganan dampak korban banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten menjadi pengamatan dan pemantauan berkontinyu yang diterapkan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI.

Melalui koordinasi yang baik di setiap level kepengurusan PPNI, penanganan terhadap korban banjir dapat berjalan dengan baik hingga saat ini.

Ketua DPP PPNI Bidang Pelayanan Ati Suryamediati selalu memantau keadaan penanganan di setiap DPW ataupun DPD PPNI yang terdampak banjir dan langsung menyampaikan informasi yang ada ke Pusat Kirisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Melalui pesan tertulisnya, Rabu (8/1/2020), Ati Suryamediati menyampaikan ucapan terima kasih kepada relawan PPNI yang sudah selesai bertugas di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten  ataupun saat ini relawan PPNI masih bertugas terutama di wilayah Kabupaten Bogor dan Lebak.

“Mewakili DPP PPNI, saya mengucapkan terima kasih pada DPW PPNI Jawa Barat bersama PPNI Kabupaten Bogor dan DPW PPNI Banten bersama Kabupaten Lebak, yang tanpa kenal lelah membantu masyarakat Kabupaten Lebak dan Bogor yang hingga kini masih terdampak korban banjir,” jelas Ati Suryamediati.

Bentuk rasa kepedulian dan kemanusian yang tinggi tersebut, telah ditunjukkan oleh relawan PPNI Kabupaten Bogor yang sudah melakukan evakuasi bersama TNI, dengan melewati daerah yang sebelumnya terisolir di Kecamatan Sukajaya yaitu di Desa Harkatjaya, Desa Cisarua dan Desa Kiarapandak.

Sedangkan untuk wilayah Kota Bekasi yang terdampak bencana banjir, Mulyono selaku Ketua DPD PPNI Kota Bekasi berinisiatif juga menyalurkan bantuan langsung.

Bantuan diserahkan kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi di Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/1/2020).

KAMU PERLU TAHU JUGA :   PPNI Aceh Sukses Gelar Rakorwil

Untuk warga Jakarta Utara DKI Jakarta yang terdampak banjir, Ketua DPD PPNI Jakarta Utara Maryanto menyampaikan keterangan laporan kegiatan relawan tenaga perawat bencana alam banjir Jakarta Utara, yang telah melakukan serangkaian kegiatan kemanusiaan, diantaranya :

– Pada tanggal 3 Januari 2020 melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan di Posko SMPN 266 Jakarta.

– Tanggal 4 Januari 2020 di Posko Banjir PPNI di Kelurahan Sukapura, dengan melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan penanganan pertolongan pertama pada klien yang mengalami luka-luka.

– Dilanjutkan pada tanggal 5 Januari 2020, dilaksanakannya kerja bakti dan posko kesehatan di wilayah Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Selain itu, Bagi warga yang terdampak banjir di Provinsi Banten, khususnya di Kabupaten Lebak, yang berkaitan dengan bantuan pelayanan kesehatan maupun logistik hingga kini masih berlangsung.

Berdasarkan keterangan tertulisnya, Rabu (8/1/2020), Endang Komarudin mengabarkan bahwa pada hari Rabu, 8 Januari 2020, PPNI Lebak mendapatkan bantuan tenaga 18 orang relawan perawat dari PPNI Pandeglang dan 2 orang dari RSUD Adjidarmo Lebak.

Ketua DPD PPNI Lebak ini menerangkan, 18 orang relawan perawat ditempatkan di Posko yang ada di desa-desa yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Sajira, sedangkan 2 orang relawan lainnya ditempatkan di Posko PGRI Sajira. (IM)

 

Sumber : Ketua DPP PPNI Bidang Pelayanan

Foto : DPD PPNI Kab Lebak, Kab Bogor, Kota Bekasi dan Kota Jakarta Utara

 


Post Views:
13

infoperawat.id adalah platform informasi keperawatan dan kesahatan. Support kami agar terus memberi informasi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Source link

About the author

habib

Leave a Comment