Kesehatan

Sempat Heboh Makan Seafood dan Es Jeruk Bisa Keracunan, Benar atau Tidak?

Written by habib

Himedik.com – Anda pasti pernah mendengar rumor bahwa makan udang dan minum es jeruk secara bersamaan bisa menyebabkan keracunan. Padahal rumor ini tidak sepenuhnya benar.


Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang bisa menguatkan bahwa makan udang dan minum es jeruk bisa menyebabkan keracunan.


Dr Reisa Broto Asmoro, melalui channel Youtube pribadinya pun pernah memaparkan fakta di balik isu udang dan es jeruk bisa menyebabkan keracunan.


Menurutnya, banyak orang mengira menyandingkan dua hidangan ini bisa menyebabkan keracunan akibat kandungan arsen di dalam udang.

Padahal, kandungan arsen dalam udang termasuk arsen organik yang bersifat aman dan tidak akan menyebabkan keracunan.


“Dia (arsen organik) tidak beracun, karena dia mudah masuk ke dalam sel dan mengalami metabolisme yang terbatas,” kata dr Reisa.


Meski begitu, bukan berarti semua udang tidak mengandung arsen anorganik sama sekali. Beberapa udang tetap mengandung arsen anorganik, tergantung tempatnya berkembang biak.


Ilustrasi udang. (Shutterstock)
Ilustrasi udang. (Shutterstock)

“Udang memang bisa mengandung arsen anorganik yang bisa menyebabkan keracunan itu. Tapi jumlahnya itu sangat sedikit, yaitu sekitar 0,25-0,5 miligram per kilogram, terutama pada udang dari perairan yang memang sudah tercemar logam berat,” jelasnya.


Konsumsi udang yang mengandung arsen anorganik tidak akan langsung menyebabkan keracunan. Seseorang akan keracunan ketika terlalu banyak asupan arsen anorganik dalam tubuhnya.


Berdasarkan keterangan dr Reisa, seseorang akan keracunan jika mendapat asupan arsen anorganik sekitar 70-200 miligram.


Artinya, anda mungkin bisa keracunan jika mengonsumsi setidaknya 100 kilogram udang untuk mencapai 70-200 miligram arsen anorganik.


Pastinya, kemungkinan Anda akan mengonsumsi 100 kilogram udang dalam satu waktu sangat kecil, kan? Jadi konsumsi udang dengan porsi biasa saja tidak akan langsung menyebabkan keracunan.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Manajer Juventus Biasa Merokok 60 Batang Sehari, Benarkah Bikin Kecanduan?


Begitu pula dengan konsumsi udang dan es jeruk bersamaan. Itu tidak akan menyebabkan keracunan. Namun, kandungan vitamin C dalam es jeruk bisa berbahaya jika seseorang mengalami asam lambung dan sudah keracunan arsen anorganik.


Sempat Heboh Makan Seafood dan Es Jeruk Bisa Keracunan, Benar atau Tidak? - 2
Es jeruk. (Shutterstock)

Dalam kondisi tersebut, kandungan vitamin C pada es jeruk bisa memperparah atau menambah tingkat keracunan arsen anorganik dalam tubuh.


“Vitamin C memiliki peranan meningkatkan asam lambung. Jadi kalau buat orang yang punya asam lambung, lalu naik asam lambungnya, terus kita keracunan arsen non organik, vitamin C itu bisa meningkatkan jumlahnya lagi di dalam tubuh,” paparnya.


Namun, seseorang tetap saja bisa keracunan udang meskipun tidak minum es jeruk. Hal itu karena keracunan dapat disebabkan oleh arsen anorganik, bukan vitamin C dalam jeruk.


“Tapi tanpa vitamin C pun, arsen nonorganik jika dikonsumsi dalam jumlah besar pasti akan menyebabkan keracunan,” tegasnya.


Jadi, rumor makan udang dan minum es jeruk akan menyebabkan keracunan hanyalah hoaks. Anda bisa mengonsumsi keduanya secara bersamaan mulai sekarang.






Source link

About the author

habib

Leave a Comment