Edukasi Keperawatan News Organisasi

STIKes Abdi Nusantara Jakarta Peduli Kesmas

Written by habib

Wartaperawat.com – Pengabdian masyarakat (pengmas) adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

Program pengabdian masyarakat secara umum ini dirancang oleh berbagai universitas atau institusi pendidikan yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping Dharma pendidikan dan pengajaran serta Dharma penelitian.

Sehubungan dengan hal tersebut, Program Pendidikan (prodi) DIII Keperawatan STIKes Abdi Nusantara Jakarta berinisiasi melakukan kegiatan pengmas berupa Pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan gula darah.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berkat kolaborasi dosen dan mahasiswa STIKes Abdi Negara Jakarta.

Kegiatan telah berlangsung di RT 001 RW 014, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (20/7/2019).

Melalui keterangan tertulisnya usai kegiatan, Ns. Eli Indawati, S.Kep., M.Kep mengungkapkan bahwa tujuan umum kegiatan pengmas tersebut untuk mengaplikasikan asuhan keperawatan kepada masyarakat dalam rangka turut berperan aktif membangun masyarakat dalam rangka meningkatkan kesehatan dan menjalankan Tri Dharma.

Selaku Kaprodi DIII Keperawatan STIKes Abdi Nusantara, ia menjelaskan pula tujuan khusus kegiatan, diantaranya :

  1. Mengidentifikasi masalah pada asuhan keperawatan sistem endokrin melalui pemeriksaan Gula Darah.,
  2. Mengidentifikasi masalah keperawatan sistem kardiovaskuler dan pembuluh darah melalui pemeriksaan Tekanan Darah.,
  3. Mengidentifikasi masalah pada kesehatan pada ibu hamil.,
  4. Mengaplikasikan asuhan keperawatan langsung kepada masyarakat oleh mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi keperawatan.

Selain itu, Eli Indawati menjelaskan bahwa kegiatan ini mempunyai manfaat dan berharap, diantaranya :

  1. Mampu meningkatkan kesehatan pasien melalui asuhan keperawatan kepada masyarakat.,
  2. Mampu meningkatkan peran perawat kepada masyarakat melalui Tri Dharma.,
  3. Mampu membina hubungan baik dan harmonis antara Perguruan Tinggi STIKes Abdi Nusantara Jakarta dengan masyarakat sekitar.,
  4. Mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan melalui kolaborasi PkM antara dosen dan mahasiswa.
KAMU PERLU TAHU JUGA :   PPNI Aceh Sukses Gelar Rakorwil

Selain dosen Ns. Eli Indawati, S.Kep., M.Kep yang ikut PkM, turut pula dosen Rahayu Khaeriah, M.Keb bersama rekan Mahasiswa DIII Keperawatan STIKes Abdi Nusantara Jakarta yang diketuai oleh Mamah Rohimah sebagai Mahasiswa TK II Semester 4.

Sementara mahasiswa yang turut terlibat, yaitu : Sirun, Erni Astuti, Jefri Agus Prasetyo, Kamaludin, Hodijah, Parmono, Rezi Nurrahmadani, Agus Prartiwi, Nurhidayati, Rohyanti, dan Dewi Astuti.

Kegiatan berjalan dengan baik dan masyarakat yang ikut partisipasi memeriksakan kesehatannya sebanyak 33 orang. (IM)

 

Sumber : Kaprodi DIII Keperawatan Abdi Nusantara

.

.

 

 

 

 

 

 


Post Views:
23

infoperawat.id adalah platform informasi keperawatan dan kesahatan. Support kami agar terus memberi informasi yang bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Source link

About the author

habib

Leave a Comment