Kesehatan

Syahnaz Sadiqah Kurang Zat Besi Saat Hamil Kembar, Hati-hati Risikonya!

Written by habib

Himedik.com – Syahnaz Sadiqah, adik Raffi Ahmad kini sudah memasuki usia kehamilan ke-4 bulan. Pada trimester kedua ini, Syahnaz justru mengeluh sering pusing yang ternyata efek dari kekurangan zat besi.


Syahnaz baru mengetahui dirinya kekurangan zat besi setelah melakukan cek darah. Ia pun membagikan kegiatannya ketika infus zat besi di rumah sakit.


“Selesai syuting langsung ke rumah sakit buat infus zat besi. Karena kemarin hasil darahnya, aku kekurangan zat besi dan Hb aku rendah,” kata Syahnaz melalui unggahan Instastory-nya.


Melansir dari Mayo Clinic, ternyata ibu hamil seperti Syahnaz memang paling rentan kekurangan zat besi. Sebab, kebutuhan zat besi ibu hamil berkali-kali lipat dibandingkan wanita yang tidak berbadan dua.

Karena, tubuh membutuhkan zat besi ini guna membuat lebih banyak darah untuk memasok oksigen ke bayi dalam kandungan. Jika ibu hamil tidak memiliki cukup cadangan zat besi, bisa mengalami anemia defisiensi besi.


Syahnaz Sadiqah kekurangan zat besi selama kehamilan (Instagram/@syahnazs)
Syahnaz Sadiqah kekurangan zat besi selama kehamilan (Instagram/@syahnazs)

 


Selain itu, kekurangan zat besi selama kehamilan juga akan berpengaruh pada bayi yang belum lahir. Anemia berat selama kehamilan bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat bayi baru lahir rendah hingga depresi pascapersalinan.


Beberapa penelitian juga menunjukkan peningkatan risiko kematian bayi sebelum dan setelah kelahiran. karena itu, ibu hamil harus menjaga asupan zat besinya agar tidak membahayakan diri sendiri maupun janin.


Adapun tanda-tanda ibu hamil mengalami kekurangan zat besi, meliputi kelelahan, kelemahan, detak jantung tidak teratur, napas tersengal, pusing hingga sakit kepala.


Perlu diwaspadai pula karena gejala anemia ini umumnya hampir sama dengan tanda kehamilan pada umumnya.


KAMU PERLU TAHU JUGA :   Miss V Bisa Kembali Kencang dengan Dioles Pasta Gigi, Mitos atau Fakta?


About the author

habib

Leave a Comment