Kesehatan

Tak Usah Khawatir, Dudukan Toilet Tidak akan Buat Anda Terinfeksi!

Written by habib

Membawa smartphone ke toilet. (shutterstock)

Himedik.com – Memang tidak sedikit bakteri menempel di dudukan toilet dan mereka bisa saja menjadi sumber dari berbagai penyakit.


Namun faktanya, menggunakan toilet umum tidak akan membuat Anda terinfeksi apapun, lapor South China Morning Post.


Menurut Dr. Ben Lam, dokter residen di Raffles Medical Hongkong, bakteri streptococcus dan staphylococcus adalah dua jenis bakteri yang dapat ditemukan pada kursi toilet.


Bakteri pertama dapat menyebabkan infeksi tenggorokan dan impetigo atau infeksi kulit yang biasanya menyerang anak-anak.

Sedangkan bakteri kedua, staphylococcus, dapat menyebabkan infeksi kulit termasuk bisul, impetigo dan selulitis, yang muncul di area kulit ynga bengkak dan merah. Infeksi ini terasa panas dan lembut.


Ilustrasi bakteri. [Shutterstock]
Ilustrasi bakteri. [Shutterstock]

Jenis bakteri lainnya adalah E. coli dan shigella, yang menurut Lam dapat menyebabkan keracunan makanan.


Virus seperti virus flu biasa, virus hepatitis A dan berbagai organisme menular seksual dapat ditemukan di kursi toilet juga.


Tapi untungnya, banyak dari mikro-organisme ini hanya bertahan hidup di permukaan dudukan toilet untuk waktu yang sangat singkat.


Selain itu, kulit kita dan mukosa saluran uretra serta genital kita adalah penghalang yang baik. Mencegah virus dan bakteri memasuki tubuh kita.


Oleh sebab itu, peluang agen asing ini membuat kita sangat itu kecil, tambah Lam. Bahkan jika terdapat luka pun, memang ini meningkatkan risiko seseorang tertular penyakit, tetapi hanya sedikit.


Namun, ketika menggunakan toilet apa pun, penting untuk menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun.


Jangan lupa untuk menutup dudukan toilet sebelum menyiram agar bakteri di dalamnya tidak tercampur dengan udara dan menempel di tubuh Anda.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Benarkah Patah Hati Pengaruhi Risiko Kanker? Ini Menurut Studi



About the author

habib

Leave a Comment