Kesehatan

Tega, Seorang Ibu Buang Bayi Baru Lahir di Hutan!

Written by habib

Suara.com – Anak adalah anugerah dari Tuhan untuk semua orangtua. Tetapi, kasus bayi dibuang masih banyak terjadi di Indonesia maupun luar negeri.

Baru-baru ini Silver Springs, Maryland, Amerika Serikat menyelematkan bayi yang dibuang oleh orangtuanya di hutan.

Bayi tersebut ditemukan oleh seorang pria yang mendengar suara tangisannya sekitar jam 5 sore waktu setempat ketika berlalu di tempat kejadian.

Pria itu menemukan bayi ini bersama petugas kepolisian yang berada sekitar 10 kaki dari tempat kejadian.

Mereka pun langsung membawa bayi tersebut ke rumah sakit untuk diperiksa kondisi kesehatannya. Dokter lantas mengatakan bahwa bayi tersebut dibuang setelah beberapa jam lahir.

“Kami prihatin dengan kesehatan fisik dan emosional ibu yang membuangnya,” kata petugas kepolisian dikutip dari Mirror.

Ilustrasi bayi baru lahir (shutterstock)
Ilustrasi bayi baru lahir (shutterstock)

Pihak kepolisian pun berharap bahwa ibu dari bayi tersebut bisa mendapat pertolongan. Karena mungkin saja ibu yang membuang anaknya ini mengalami suatu masalah.

Perlu Anda ketahui bahwa Maryland, AS memiliki undang-undang untuk melindungi anak-anak. Dalam hal ini orangtua boleh menyerahkan anaknya ke rumah sakit atau kantor polisi jika tidak sanggup merawat.

Selain dua tempat yang dianjurkan, orangtua bisa terjerat hukuman serius karena telah membuang anak sembarangan.

“Di bawah undang-undang safe heaven, orangtua yang tertekan atau tidak mampu merawat anaknya bisa menyerahkan hak asuh atas bayinya ke dua tempat yang sudah diatur,” jelas pihak kepolisian.

Dalam hal ini, orangtua juga memiliki waktu 10 hari sejak kelahiran anaknya jika ingin menyerahkan hak asuh pada orang lain.

Dengan begitu, orangtua yang meninggalkan anaknya sesuai aturan akan terbebas dari hukuman perdata dan tuntutan pidana. Asalkan anaknya tidak dalam kondisi terluka akibat kekerasan fisik dan lainnya.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Waspadai Risiko Kehamilan Bayi Kembar, Irish Bella Harus Hati-hati

About the author

habib

Leave a Comment