Kesehatan

Viral Vlogger Makan Mi Instan Pakai Detergen, Padahal Risikonya Berbahaya!

Written by habib

Himedik.com – Sekarang ini semakin banyak vlogger yang berlomba-lomba membuat konten kreatif untuk menarik perhatian publik demi meraup keuntungan. Sayangnya, mereka mulai memikirkan risiko seperti pria yang makan mi instan pakai detergen.


Baru-baru ini seorang vlogger pria menyajikan konten makan mi instan. Bukan makan mi instan biasa, ia mencampur makanannya dengan bubuk detergen baju.


Mulanya, ia tampak memperlihatkan piring berisi mi instan dan bubuk detergen yang digunakan. Lantas ia membuka bubuk detergen dan mencampurkannya ke dalam mi.


Setelah tercampur, ia langsung melahap mi dengan bubuk detergen dan menunjukkan ekspresi terkejut. Kedua kalinya melahap, pria itu langsung berhenti dan membuka mulutnya seperti orang kepanasan.

Sontak videonya pun mendapat banyak teguran dari warganet. Mereka berpendapat bahwa pria tersebut tidak memikirkan risikonya demi viral dan keuntungan.


Ususnya langsung bersih bebas noda,” tulis @nadiafaradillas.


Mau viral yah buat konten lah yg baik2..,” tulis @sebut_saja_dwy.


Pria makan mie instan pakai detergen bubuk (Instagram/@makassar_iinfo)
Pria makan mie instan pakai detergen bubuk (Instagram/@makassar_iinfo)

 


Melansir dari buzzfeednews, bubuk detergen mengandung berbagai senyawa kimia, seperti surfaktan yang dikhususkan untuk membersihkan pakaian. Sehingga sudah pasti tidak baik dan bukan dibuat untuk tubuh Anda.


Jika seseorang tidak sengaja mengonsumsi sabun cair cucian bisa saja mengalami sakit perut ringan. Tetapi, jika seseorang memakan bubuk detergen mungkin beberapa hal ini akan terjadi.


1. Mulut terasa seperti meledak, iritasi, batuk dan panas


Memakan bubuk detergen bisa menyebabkan iritasi pada mulut secara langsung. Bahkan jika mata Anda terkena bubuk detergen, mungkin saja akan terasa seperti luka bakar atau lecet.


KAMU PERLU TAHU JUGA :   Konsumsi Buah Matoa Secara Rutin, Ini 5 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh!

2. Luka bakar di kerongkongan, perut dan gangguan pencernaan


Bahan kimia yang terkandung dalam detergen bubuk maupun cair bisa menyebabkan luka bakar di kerongkongan. Selain itu, Anda yang memakannya bisa mengalami iritasi di lapisan perut.


Anda juga bisa mengalami gangguan pencernaan seperti diare ketika bubuk detergen sudah melewati saluran pencernaan. Beberapa bahan kimia dalam detergen dapat menekan sistem saraf pusat dan menyebabkan kantuk.


Ilustrasi kesehatan mulut. (Shutterstock)
Ilustrasi kesehatan mulut. (Shutterstock)

 


3. Gangguan pernapasan serius


Jangankan memakannya, menghirup bubuk detergen juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan serius. Karena bubuk detergen bisa memasuki trakea dan paru-paru, lalu menyebabkan mengi, batuk dan gangguan pernapasan akut.


4. Kematian pada anak kecil


Kebiasaan menghirup dan menelan detergen cucian dalam jumlah besar juga bisa menyebabkan kematian, terutama berisiko pada anak-anak kecil. Apalagi jika bubuk detergen itu mengendap di paru-paru hingga menyebabkan iritasi dan kesulitan bernapas.



About the author

habib

Leave a Comment