Kesehatan

Waduh, Kebiasaan Kencing Malam Hari Berkaitan Risiko Kematian di Usia Muda

Written by habib

Himedik.com – Sejumlah orang memiliki kebiasaan bangun malam hari untuk buang air kecil alias kencing. Anda pasti mengetahui kalau menahan kencing memang tidak baik dan tidak nyaman, tetapi kebiasaan kencing malam hari justru meningkatkan kematian.


Para peneliti menemukan pria dan wanita yang sering buang air kecil sekali hingga 2 kali pada malam hari lebih berisiko tinggi meninggal dunia.


Peningkatkan risiko kematian terlihat pada semua kelompok dari usia 20 tahun hingga 90 tahun. Dalam hal ini, pria dan wanita muda justru lebih berisiko tinggi meninggal.


“Nocturia (buang air kecil di malam hari) adalah prediktor kematian. Lebih mengejutkannya, pria dan wanita muda justru lebih berisiko daripada orang tua,” kata Varant Kupelia, ilmuwan di New England Research Institute di Watertown, Mass dikutip dari webmd.com.

Pria dan wanita muda lebih berisiko daripada orang dewasa karena kebiasaan buang air kecil di malam hari bisa jadi gejala penyakit kronis.


ilustrasi pria lagi buang air kecil (shutterstock)
ilustrasi pria lagi buang air kecil (shutterstock)

 


Berbeda dengan orang yang lebih tua, kebiasaan kencing di malam hari meningkatkan risiko kematian karena sangat rentan jatuh dan patah tulang.


Peneliti Kupelia bersama rekannya pun telah meneliti fakta ini dengan meriset sebanyak 15 ribu pria dan wanita yang berusia 20 tahun hingga paling tua.


Para peneliti pun akhirnya menemukan hasilnya selama periode sembilan tahun:


1. Pria usia 20-40 tahun bangun dua kali hingga lebih setiap malam untuk kencing berisiko 2,56 kali lipat meninggal dunia.


2. Wanita usia 20-29 tahun yang sering kencing malam hari meningkatkan risiko kematian hingga 10 persen.


KAMU PERLU TAHU JUGA :   Marshanda Ceritakan Awal Ia Didiagnosis Bipolar, "Ngerti kan Beratnya?"

3. Pria usia 50-64 tahun yang sering kencing di malam hari berisiko 60 persen lebih tinggi meninggal dunia.


ilustrasi wanita kencing (shutterstock)
ilustrasi wanita kencing (shutterstock)

 


4. Wanita usia 50-64 tahun dengan kebiasaan kencing malam hari berisiko meninggal 94 persen lebih tinggi.


5. Pria usia 65-90 tahun berisiko meninggal 49 persen lebih tinggi jika sering kencing malam hari.


6. Wanita usia 65-90 persen dengan kebiasaan sering kencing malam hari meningkatakn risiko kematian hingga 32 persen.


Analisis ini juga memperhitungkan faktor lain yang mungkin memengaruhi kematian, termasuk usia, kondisi medis, status perkawinan dan indeks massa tubuh.


Karena itu, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan kebiasaan kencing malam hari tidak berbahaya.


“Bangun dua hingga tiga kali semalam untuk buang air kecil bukan berarti Anda lebih berisiko meninggal. Tetapi, Anda juga harus berkonsultasi pada dokter untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh,” kata Tomas Griebling, associate professor of urology di University of Kansas Medical Center di Kansas City.



About the author

habib

Leave a Comment