Berita

Waspada Gigitan Semut Charlie, Racunnya Lebih Kuat dari Ular Berbisa

Written by habib

Suara.com – Semut charlie, nama lain dari tomcat salah satu jenis serangga yang cukup berbahaya. Serangga berukuran 1 cm seperti semut dan berwarna kuning gelap ini bisa memberikan efek beracun pada tubuh.

Belakangan semut charlie tengah menjadi pembahasan lagi di media sosial karena gigitannya telah membuat kulit sejumlah anak kecil melepuh seperti luka bakar.

Semut charlie bukan serangga biasa, hewan ini memiliki racun berbisa seperti kalajengking yang disebut pederin. Bahkan racunnya berkali-kali lipat lebih kuat dari ular berbisa.

Racun pederin pada semut charlie itulah yang membuat orang merasakan kulit gatal, perih, bengkak dan melepuh setelah tersengat.

Melansir dari wikipedia, kulit yang terkena racun pederin ini dapat menyebabkan dermatitis paederus. Penyakit kulit ini termasuk jenis ruam yang membuat kulit melepuh karena paparan racun pederin.

Bahkan racun pederin ini sangat mudah menyebar dan membuat kulit di daerah lainnya melepuh. Karena itu cara mengatasi gigitan semut charlie ini tidak bisa sembarangan.

Memegangnya dengan tangan atau membunuhnya dengan memukul atau dipencet hanya akan menyebarkan racunnya yang justru berbahaya pada kulit.

Ilustrasi terkena gigitan semut charlie atau tomcat (Shutterstock)
Ilustrasi terkena gigitan semut charlie atau tomcat (Shutterstock)

Melansir dari hellosehat, semut charlie atau tomcat biasanya melepaskan cairan racunnya tidak hanya ketika kontak langsung dengan kulit manusia.

Tomcat juga akan mengeluarkan cairan racunnya pada benda yang kita gunakan sehari-hari seperti pakaian, handuk dan lainnya.

Sehingga jika sprei, handuk atau peralatan harian anda terpapar racun semut charlie maka harus segera dicuci karena racunnya 12 kali lebih kuat dari ular berbisa.

Melansir dari healthline.com, kemerahan, bengkak dan gatal akibat gigitan semut charlie termasuk reaksi ringan.

Gejala tersebut muncul hanya karena tubuh Anda bereaksi terhadap racun yang disalurkan semut charlie ke tubuh melalui sengatan.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Baru Menikah, Wanita Ini Dikasari Suaminya karena Alami Vaginal Septum

Gigitan semut charlie ini masih bisa menimbulkan reaksi yang lebih besar pada tubuh manusia, tergantung dari seberapa parah sengatannya.

Berikut ini reaksi alergi yang lebih parah jika tersengat semut charlie dan racunnya telah menyebar.

1. kram perut

2. mual dan muntah

3. pembengkakan pada wajah, bibir dan tenggorokan

4. masalah pernapasan.

Jika Anda sudah merasakan salah satu dari gejala di atas, maka segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat sebelum kondisi lebih parah.




Source link

About the author

habib

Leave a Comment