Berita

Waspada Jika Temukan Tanda Ini di Kuku, Bisa Jadi Gejala Kanker Kulit

Written by habib

Suara.com – Anda mungkin sudah mengetahui bahwa bintik atau garis putih di kuku menandakan tubuh kekurangan mineral, seperti kalsium dan seng atau bisa disebabkan oleh cedera pada pangkal kuku. Selain itu, garis putih tersebut juga bisa akibat reaksi alergi atau kerusakan pada dasar kuku.

Manikur, penggunaan kuku akrilik, dan gel kuku bisa juga menyebabkan kerusakan pada kuku. Dalam kasus yang jarang terjadi, tanda di kuku bisa menandakan masalah kardiovaskular dan kondisi kesehatan yang buruk.

Jadi, ada baiknya jika Anda tidak mengabaikan perubahan pada kuku. Garis coklat kehitaman pada kuku misalnya menandakan hal yang sangat serius. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika melihat tanda tersebut.

Dilansir dari timesofindia, garis cokelat kehitaman di kuku bisa jadi menandakan gejala kanker, menurut American Academy of Dermatology (AAD). Tanda yang tampak gelap tersebut bisa jadi merupakan gejala melanoma, jenis kanker kulit yang paling serius.

Beberapa gejala kanker kulit yang biasanya diketahui adalah pertumbuhan yang abnormal dan perubahan tahu lalat terutama ukuran dan warnya, banyak yang tak sadar bahwa kanker kulit bisa tumbuh di bawah kuku.

Ilustrasi bintik hitam di kuku (Shutterstock)
Ilustrasi bintik hitam di kuku (Shutterstock)

Hal ini juga dikenal sebagai melanoma subungual. Beberapa gejala lain yang perlu diwaspadai.

1. Kuku rapuh dan lemah
2. Pendarahan di sekitar kuku
3. Tanda kehitaman-kecokelatan yang berkembang
4. Perubahan warna kulit di sekitar kuku
5. Keluar nanah di bagian kuku yang terdapat garis kecokelatan

Jika tak segera ditangani, melanoma subungual bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan penyebarannya cepat. Jadi ketika melihatnya di kuku Anda, segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara jelas.

KAMU PERLU TAHU JUGA :   Perhatikan Hal Ini saat Jogging Supaya Membakar Lemak dengan Tepat!




Source link

About the author

habib

Leave a Comment